Thursday, April 19, 2012

Wajah, Kesemutan?


Pernahkan anda mengalami peristiwa yang disebut kesemutan? Jika ya, berarti anda normal, prestasi! anda memang manusia biasa #kicked. Kesemutan bukan berarti salah satu bagian tubuh anda menjadi semut, atau bahkan menyerupai bentuk semut. Bukan juga peristiwa ketika semut-semut menghampiri anda lalu membuat sarang disana. Kesemutan hanya kiasan dimana terjadi peristiwa saat anda merasakan salah satu bagian tubuh anda serasa dirubung begitu banyak semut yang tak bisa diam, semut-semut semu itu seperti terus bergerak sehingga memaksa anda untuk tetap diam, karena jika anda ikut bergerak, semut-semut tersebut akan semakin memberontak, semakin meraja, sehingga anda kalah, dan merasakan sakit.

Apa ya penyebab kesemutan? Gejala kesemutan itu bisa disebabkan peredaran darah kurang lancar, hal itu bisa terjadi karena anda kurang gerak, atau bisa juga metabolisme tubuh anda kurang baik. Selain itu mungkin juga karena terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah anda.

Kuncinya adalah:
"Banyak-banyaklah bergerak!"
disini tidak berlaku silent is gold

Terjadi kesemutan di bagian anggota gerak seperti tangan dan kaki itu biasa. Tapi pernahkah anda merasakan kesemutan di wajah?
Jika belum, saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana saya mengalami kesemutan di bagian wajah.

Saat itu -Kamis malam- (saya lupa tanggal berapa), yang pasti keesokan harinya -Jum'at- saya libur sekolah (saya pun lupa kala itu ada event apa). Mumpung libur, saya memutuskan untuk ikut menginap di rumah teman saya, Yuan, bersama Nadia.
Mata kami legam, ngantuk, mau tidur pun tak bisa. Arloji sudah menunjukan pukul 03:30 dini hari. Sampah bekas makanan dan gelas-gelas kosong berserakan dimana-mana -dalam ruang lingkup kamar Yuan-. Laptop bermerek Lenovo bernama Untung milik Yuan masih menyala, layarnya menampilkan Media Player Classic 321 yang menyetel anime High School of the Death yang sudah dipause, sudah saya bilang di awal, mata kami terlalu lelah untuk tetap terjaga, terlebih meneruskan menonton. Perut saya panas, tubuh saya terkapar, limbung, terbaring di atas kasur yang Yuan gelar disamping tempat tidurnya. Untungnya, efek kesemutan di wajah saya sudah hilang. Jangan kira kami ngedrugs, atau sebagainya. Kami ini anak baik-baik. Kami hanya menghabiskan malam bersama dengan tertawa, menonton anime, dan karena awalnya agak ngantuk, kami mengambil beberapa camilan dari warung Yuan. Dalam misi mengatasi kantuk tersebut, alhasil  kami merasakan efek yang tidak biasa, kesemutan di wajah.




"Cara membuat kesemutan di wajah"

Alat dan Bahan:
  • mata yang agak mengantuk
  • 1 sachet kopi bubuk instan (perorang)
  • gelas
  • air panas
  • laptop dengan video, kaset, atau DVD anime
  • 6 bungkus keripik/kerupuk pedas (tambah jika diperlukan)


Langkah-Langkah:
  1. Siapkan alat dan bahan.
  2. Seduh kopi dengan air panas sehingga terciptalah segelas kopi panas.
  3. Setel anime di laptop tersebut.
  4. Sambil menonton, makanlah keripik atau kerupuk pedas. Tak perlu sekaligus langsung semua dimakan, perlahan-lahan saja, satu-persatu bungkus. Kalau sudah habis, lanjutkan ke bungkus berikutnya.
  5. Jika mulai merasa kepedasan, minumlah kopi panas tadi. Perhatian! Disini tidak dianjurkan untuk meminum air putih. Menurut beberapa riset dari observasi saya, saya berhasil menemukan teori bahwa kopi panas dapat meningkatkan kadar kepedasan, terlebih jika kita memang sedang kepedasan.
  6. Setelah melakukan beberapa langkah tadi, anda akan mulai merasakan pusing, mati rasa, dan kemudian wajah anda mengalami kesemutan.

Tidak percaya? Saya dan teman saya buktinya. Efeknya luar biasa, fantastis, elastis, sporadis, eksotis. Selamat mencoba!

8 comments:

  1. Saya sebagai seorang saksi sekaligus pelaku sekaligus korban dalam kasus ini mengaku ngakak baca tulisan anda yang satu ini. Kenapa pas suruh presentasi procedural text kelas sepuluh kemaren gak presentasiin ini aja?#kemplang

    Harusnya tulisin bawahnya,
    LET'S TRY THIS AT HOME!

    hohohohoho
    Salam kesemutan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, pengennya sih gitu, tapi sayangnya kesemutan sakral ini kita laksanakan waktu kelas XI.

      Dalam konsep sudah direncanakan mau dipasang tulisan "LET'S TRY THIS AT HOME" entah kenapa malah lupa. Hohohoho. Salam kesemutan! Ayo kapan-kapan kita coba lagi!! XD

      Delete
  2. Lam knal, ane pernah beberapa kali mengalami kesemutan pada wajah, mungkin kira2 2-3x perbulan (itu sih sering namanya), pengaruh pekerjaan ane juga kali yah, harus tahan begadang, tidak tidur, mata melek, tidak alergi kopi, dll. Maklum pekerjaan sementara ini jadi tukang pukul (tiang listrik), Baru kali ini ane tau kalo itu bisa dibikin sengaja. Salut deh buat eneng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Aji-san. Saya waktu pertama kali merasakan kesemutan di wajah pun tanpa sengaja. Setelah melakukan observasi dan eksperimen kecil-kecilan, saya coba lagi (kali ini sengaja) dengan begadang sambil minum kopi dan makan keripik pedas, alhasil saya mengalami kesemutan di wajah lagi. Akhirnya, terciptalah teori abstrak macam ini.

      Terimakasih sudah baca ^_^

      Delete
  3. H.O.T.D. anime .................
    hahaha

    yg penting keripik pedasnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, HOTD memang begitu gan, saya no comment..

      yap, betul betul betul! Intinya kalau lagi kepedasan orang bisa sampai kesemutan bahkan di mukanya

      Delete
  4. Kesemutan di wajah? Wew, never heard it before. Ini tricknya valid ga? :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, monggo dicoba sendiri. Ini sudah pernah berhasil pada saya (untuk kedua kalinya) dan teman saya.

      Delete